2 Manfaat Utama Buah Jeruk Bagi Kesehatan


Uraian :

Sudah bukan rahasia lagi jika jeruk dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C dalam jeruk bahkan mencapai 53,2 mg per 100 g atau mencukupi 90% kebutuhan harian. Namun tak hanya itu, jeruk juga kaya akan zat bermanfaat lainnya.

Di antaranya termasuk serat pangan pektin, folat, vitamin B1, vitamin A serta antioksidan flavanoid beta karoten, beta cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein. Jeruk juga mengandung potasium, tembaga, asam pantotenik, dan kalsium dalam jumlah cukup banyak.

Kandungan fitonutrien dalam jeruk sendiri cukup beragam, yakni citrus flavanones, anthocyanins, hydroxycinamic acids, hesperidin, naringin, naringenin, dan berbagai polifenol lainnya. Fitonutrien ini lebih banyak ditemukan pada kulit dan daging buah berwarna putih di bagian dalam jeruk, bukan di cairannya.


Manfaat :

Menurunkan Berat Badan (DIET)

Semua jenis jeruk kaya akan vitamin C yang tinggi, tidak terkecuali jeruk keprok. Vitamin C sangat berperan besar dalam menjaga kesehatan gigi, tulang rawan, dan juga tulang utama. Bahkan vitamin ini diyakini berkhasiat dalam proses menurunkan berat badan. Dalam kenyataanya, mengkonsumsi vitamin C melalui buah jeruk dapat membantu mempercepat proses pembakaran kalori lebih cepat saat berolahraga. Sekitar 27 miligram vitamin C terdapat pada setiap 100 gram buah jeruk.

Selain vitamin C, serat pangan alami juga menjadi pokok utama dalam tahapan program diet yang dijalani. Serat ini berfungsi mengontrol kestabilan gula darah dan membuat perut merasa lebih kenyang dalam jangka waktu lama. Jadi, makanan yang mengandung serat akan mempengaruhi kadar jumlah makanan yang dikonsumsi menjadi lebih sedikit. Setiap 100 gram buah jeruk mandarin terkandung serat sebanyak 2 gram.

Jeruk keprok juga menjadi sumber makanan yang menghasilkan kalsium. Fungsinya bukan hanya untuk menjaga tulang agar tetap sehat, tetapi peranannya dalam menurunkan berat badan juga patut diacungi jempol. Diet rendah kalori disertai dengan kalsium, akan mempercepat program diet sehat yang dijalani akan memberikan hasil yang maksimal. Didalam jeruk keprok terkandung 37 miligram kalsium pada setiap 100 gram berat buahnya.

Itulah alasannya mengapa buah jeruk bisa mengawal anda dengan terarah guna mendapatkan hasil terbaik dalam menurunkan berat badan sesuai keinginan anda. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah mengkonsumi buah jenis ini secara teratur dan disertai konsultasi pada dokter ahli secara berkala.

Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Dapat Membersihkan Kulit
Dengan menggunakan buah jeruk secara rutin dan teratur maka dapat membuat kulit kita lebih bersih seperti menghilangkan semua kotoran yang menempel, membantu menghilangkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Untuk penggunaannya cukup dengan potong-potong buah jeruk atau bisa dengan dihaluskan menggunakan blender dan buang bijinya, setelah itu jeruk yang sudah halus tadi oleskan ke bagian kulit seperti kulit wajah dan biarkan selama 30 menit setelah itu bisa dibilas dengan air dingin.

Membantu untuk Mengecilkan Pori-pori
Merawat kesehatan wajah tidak hanya menggunakan buah jeruk saja tetapi bisa menggunakan kulit jeruk. Ternyata kulit jeruk sangat ampuh untuk membantu mengecilkan pori-pori dengan cara memotong kecil-kecil kulit jeruk dan direndam pada air panas semalaman, kemudian gunakan air tadi untuk membasuh atau mencuci muka saat pagi hari.

Membantu Menghaluskan Kulit
Menggunakan air perasan jeruk juga bisa untuk merawat kesehatan kulit dan membuat kulit lebih halus. Caranya mudah cukup dengan peras jeruk sampai mengeluarkan airnya,

kemudian teteskan beberapa tetes air jeruk tadi ke sepotong kapas yang sudah dicelupkan kedalam air dan gunakan untuk mengoleskan ke bagian wajah dan leher. Tunggu beberapa menit setelah itu baru dibeilas dengan air dingin.

Dapat Menghaluskan Kulit Kaki dan Tangan
Dengan kita menggunakan jeruk untuk bagian kulit kaki dan tangan maka jeruk tadi bermanfaat sebagai exfoliator kulit mati dibagian kaki dan tangan.

Cukup mudah hanya dengan mengusapkan kulit jeruk dengan cara sedikit ditekan, biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air.

Mengatasi Kulit Berminyak
Buah jeruk memang sangat bermanfaat untuk menghilangkan minyak diwajah. Caranya cukup dengan menghaluskan jeruk sampai menjadi halus dan masukkan ke dalam kain halus, kemudian gunakan kain halus tadi untuk diusapkan kebagian wajah sambil berbaring. Tunggu selama 10 menit sampai mengering lalu gunakan air hangat untuk membersihkan sisa-sisanya.

Related Posts

2 Manfaat Utama Buah Jeruk Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh