Kenali! Manfaat dan Efek Samping Buah Anggur Bagi Kesehatan

Buah Anggur

Uraian :

Buah anggur terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kaya antioksidan vitamin A, C, E, B1 B6 selain itu juga mengandung kalsium, yodium, mangan, kalium, seng, selenium, serta gula alami seperti dektrosa dan glukosa. Serta kaya akan berbagai fitonutrien yang dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Buah anggur identik dengan warna ungu, meskipun tidak semua buah anggur berwarna ungu. Macam dan jenis dari buah anggur sangat banyak. Buah anggur bisa dijadikan jus atau dimakan langsung. Walau bentuknya kecil anggur mempunyai banyak manfaat dan khasiat, pastinya juga memiliki efek samping juga.  Dibawah ini akan diuraikan mengenai manfaat/ khasiat dan efek samping dari buah anggur yang perlu Anda ketahui.

Manfaat :

Kesehtan Jantung

Anggur dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan senyawa fenol meiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Sedangkan senyawa resveratrol yang terdapat dalam anggur hitam dan anggur merah membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Serta adanya senyawa saponin yang bermanfaat menghambat penyerapan kolesterol dalam darah.

Melancarkan BAB

Buah Anggur sering disebut sebagai salah satu buah pencahar alami, atau sering digunakan untuk membantu melancarkan buang air besar atau sembelit. Karena adanya kandungan gula, selulosa, serta asam organik dalam buah anggur.

Mencegah penuaan dini

Buah anggur mengandung antioksidan dan vitamin lainnya yang terbukti membantu menjaga kesehatan kulit.

Menghilangkan gangguan ginjal dan pencernaan

Dengan rutin mengkonsumsi buah anggur, ternyata menyehatkan untuk sistem pencernaan tubuh kita. Anggur juga membantu menghilangkan asam pada ginjal, sehingga menjaga ginjal tetap sehat.

Gula Darah

Manfaat buah anggur untuk mengobati gula darah. Anggur dikenal memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga cocok untuk orang yang memiliki gula darah yang tidak seimbang. Senyawa Fitonutrien membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mencegah Kanker

Satu gelas jus buah anggur mampu membunuh sel-sel jahat penyebab kanker hati dan dapat meningkatkan kinerja hati untuk lebih maksimal dalam membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Migrain

Jus anggur dikenal sebagai obat alami yang ampuh mengobati migrain. Anda tinggal membuat jus anggur murni tanpa ditambahkan air, kemudian minum secara rutin.

Insomnia

Pada buah anggur terdapat zat melatonin, suatu zat yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia.

Hipertensi

Manfaat buah anggur untuk mengobati hipertensi. Pada buah anggur terdapat kandungan senyawa kalium dan melatonin yang dipercaya bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, serta membersihkan pembuluh darah dari sumbatan.

Melindungi mata dari katarak

Kandungan Flavonoid dalam buah anggur memiliki fungsi untuk menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal    bebas yang bisa menyebabkan katarak.

Mencegah kanker payudara

Rajin mengkonsumsi jus anggur secara rutin dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara.

Baik untuk penderita asma

Manfaat anggur untuk mengatasi asma. Buah anggur dapat membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru atau sering disebut dengan assimiratory . Hal ini berefek menurunkan resiko sesak napas pada penderita asma, yang tentu saja bagus untuk penderita penyakit asma.

Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan Antivirus dan antibakteri dalam buah anggur dapat meningkatkan daya tahan dan perlindungan kita dari penyakit.

Memproduksi Sel Darah Merah

Kandungan dari buah anggur yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah. Buah anggur kaya akan zat besi, sehingga mampu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh dengan cepat dan maksimal. Makanlah minimal 2 biji buah anggur untuk mempercepat proses penyembuhan Anda atau untuk mengurangi rasa sakit Anda akibat penyakit anemia ini.

Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Penggunaan buah anggur sebagai bahan kecantikan memang bukan sekedar mitos belaka. Buah anggur mampu menghilangkan noda bekas jerawat anda dalam beberapa kali treatment saja. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengiris buah anggur menjadi dua bagian, kemudian oleskan secara merata pada wajah Anda terutama pada wajah yang terkena jerawat. Kemudian tunggu beberapa menit, lalu pijat-pijat dengan lembut dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur 2 kali dalam seminggu, maka noda bekas jerawat yang membandel akan hilang dengan sendirinya.

Mencegah stroke

Manfaat biji anggur untuk mencegah stroke. Dalam biji anggur ditemukan mineral, seng (Zn) dan mangan (Mn). Selain itu, dalam biji anggur juga mengandung endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kolagen yang berguna untuk melenturkan pembuluh darah, sehinga tidak terjadinya stroke atau penyumbatan pembuluh darah.

Melembabkan kulit wajah

Manfaat biji anggur selanjutnya yaitu untuk melembabkan kulit wajah. Biji anggur bisa menjaga kelembaban jaringan kulit dari dalam sehingga membuat kulit wajah senantiasa lembab. Manfaat biji anggur juga untuk melancarkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan kulit wajah dari luar.


Efek Samping :

Menambah Berat Badan

Buah anggur cenderung relatif lebih rendah mengandung kalori. Dalam satu cangkir penuh yang berisi sekitar 30 buah anggur yang sudah di haluskan ternyata memiliki kurang dari 105 kalori. Bayangkan saja jika kita duduk dengan sekantong anggur sambil menonton TV, mungkin saja tanpa kita sadari sudah lebih dari 105 kalori bahkan tiga kali lipat kandungan kalori yang masuk kedalam tubuh kita, kelebihan jumlah kalori dalam tubuh kita justru akan membuat pertambahan berat badan pada tubuh kita semakin cepat.

Menimbulkan Permasalahan Pada Usus

Porsi buah anggur yang baik untuk kita konsumsi yaitu kira-kira 1,5 gram dalam 1 cangkir, yang di harapkan dapat mencegah permasalahan usus pada perut kita, karena tubuh kita tidak selamanya dapat memproses serat dengan baik yang pastinya membuat sulit tubuh kita untuk mengeluarkan tinja, yang merupakan tanda sembelit.

Serangan Alergi

Jika kita alergi terhadap buah anggur, hal ini akan menimbulkan gatal-gatal atau bercak merah pada kulit kita hanya dengan menyentuh buah anggur atau segera setelah memakan buah ini. Pada kasus yang parah, kita mungkin saja mengalami kesulitan bernapas atau syok anafilaktik. Kita sebenarnya bisa saja alergi terhadap pestisida pada buah anggur, ragi atau jamur yang terdapat pada buah anggur. Satu-satunya cara untuk memastikan apa yang membuat kita alergi terhadap buah anggur yaitu dengan menjalani tes alergi dan mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit yang kita alami sekarang ini.

Gangguan Pencernaan

Makan buah anggur dalam jumlah besar juga ternyata dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Dalam beberapa kasus pun hal ini dapat menyebabkan penyakit diare. Seseorang yang memiliki intoleransi fruktosa juga dapat mengalami sakit perut yang bersamaan dengan gangguan pencernaan. Orang dengan intoleransi fruktosa harus menghindari makan buah anggur karena dapat membahayakan fungsi hati dan ginjal. Sebuah kondisi yang lebih ringan lainnya yaitu malabsorpsi fruktosa, yang menunjukkan gejala yang sama tapi dengan intensitas kurang.

Menyebabkan Mual dan Muntah

Jika kita tidak makan banyak serat secara teratur, kita akan merasa mual ketika mengkonsumsi terlalu banyak buah anggur. Hal ini karena membuat sulit bagi sistem pencernaan untuk mencerna semua kandungan serat dari buah anggur. Dan akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan di perut dan dapat menyebabkan mual dan muntah.

Related Posts

Kenali! Manfaat dan Efek Samping Buah Anggur Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh