5 Manfaat Utama Jambu Biji Bagi Kesehatan

Jambu Biji

Uraian

Jambu biji merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dengan jumlahnya mencapai 228 mg per 100 g atau tiga kali lebih banyak dari kebutuhan harian. Vitamin ini terutama terdapat di bagian daging buah luar di bawah kulitnya.

Jambu biji juga kaya akan serat pangan dan vitamin B kompleks asam folat, asam pantotenik, piridoksin, dan niacin. Ada juga riboflavin, tiamin, vitamin A, E, dan K meski jumlahnya tidak sebanyak vitamin C.

Manfaat Utama Jambu Biji Untuk Kesehatan

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jambu biji mengandung vitamin C yang jauh lebih besar dibandingkan jeruk, hampir 4 kali lipatnya. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan kaya vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan daya tahan untuk melawan kuman penyebab penyakit.

Mengobati Diare dan Disentri

Nutrisi lain dalam jambu biji seperti karotenoid, vitamin C, dan potasium berfungsi membantu memperkuat sistem pencernaan. Sementara seratnya dapat melindungi usus besar dari paparan racun berbahaya penyebab kanker.

Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata cukup banyak terdapat di jambu biji. Vitamin ini bermanfaat untuk mencegah munculnya katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata umum lainnya.

Menyehatkan Otak

Manfaat lain dari jambu biji yang tak kalah penting adalah menyehatkan otak. Hal ini dikarenakan jambu biji mengandung vitamin B3 (niacin) yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan menstimulasi fungsi kognitif. Jambu biji juga memiliki vitamin B6 yang merupakan nutrisi penting untuk otak dan saraf.

Menurunkan Berat Badan

Jambu biji sangat cocok dijadikan teman diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Buah ini kaya akan vitamin, protein, mineral, dan serat, namun tidak mengandung kolesterol dan hanya memiliki karbohidrat tercerna dalam jumlah rendah. Kadar gula jambu biji juga termasuk lebih rendah dibandingkan apel, jeruk, dan anggur.

Related Posts

5 Manfaat Utama Jambu Biji Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh