3 Manfaat Dahsyat Biji Buah Pohon Aren (Kolang-kaling)

Gambar biji buah pohon aren (kolang-kaling)

Uraian :

Kolang-kaling (buah atap) adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes yang secara harafiah berarti "benda-benda licin kecil" ini dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah.[1] Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Manfaat :

Melancarkan Pencernaan

Kolang-kaling adalah makanan yang kaya manfaat serat, di mana serat sangat baik untuk pencernaan dan dapat membantu tubuh manusia membuang limbah yang tidak lagi perlukan oleh tubuh.

Mencegah Osteoporosis

Untuk 100 gram kolang-kaling mengandung 91 miligram kalsium sehingga sangat cocok untuk mengisi kebutuhan kalsium. Terutama bagi seseorang yang alergi terhadap susu.

Mengurangi Nafsu Makan

Karena serat yang tinggi dalam kolang-kaling akan dapat membuat kolang-kaling mudah untuk dicerna di perut dan juga menekan nafsu makan. Hal ini bisa membuat tubuh lebih banyak waktu untuk menghemat energi.

Related Posts

3 Manfaat Dahsyat Biji Buah Pohon Aren (Kolang-kaling)
4/ 5
Oleh