2 Manfaat Utama Jambu Mede atau Jambu Monyet Bagi Kesehatan

Jambu Mede / Jambu Monyet

Uraian

Buah jambu mede memang kalah terkenal jika dibandingkan dengan bijinya yang biasa disebut kacang mede. Banyak orang lebih mengenal pemanfaatan kacang mede daripada buah yang menaunginya. Bahkan banyak pula negara yang hanya menganggap buah jambu mede hanya sebagai aksesoris dari kacang mede.

Namun jangan biarkan anggapan itu mempengaruhi Anda, karena buah jambu mede bisa jadi adalah jawaban dari masalah kesehatan yang Anda derita. Berdasarkan kutipan dari www.organicfacts.net, jambu mede memiliki sifat anti-bakteri dan telah terbukti efektif dalam mengobati sakit maag dan gastritis, yang biasanya disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

Manfaat Utama Jambu Mede atau Jambu Monyet Untuk Kesehatan


Mengobati Penyakit Diabetes

Jambu mede mengandung zat b-sitosterol dan stigmasterol yang mampu merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin alami pada tubuh dan tanpa menyebabkan terjadinya Hipoglemik atau suatu keadaan dimana tingkat gula dalam darah berada pada keadaan dibawah kadar normal. Insulin sendiri adalah suatu hormon yang dihasilkan secara alami oleh organ tubuh pankreas dan insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

Hal ini merupakan salah satu dari manfaat buah jambu mete dari banyaknya manfaat yang diberikan. Selain hanya buah ini, banyak manfaat bual lainnya yang sanga bermanfaat bagi kesehatan kita contohnya buah jeruk bali yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Mengobati Penyakit Maag Akut

Satu hal yang juga menjadi khasiat buah jambu monyet namun belum banyak diketahui orang adalah kemampuannya dalam mengobati penyakit maag akut. Ya, maag memang penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Data dari Depkes RI mengungkapkan bahwa penyakit maag atau gastritis menempati posisi 9 dari 50 peringkat pertama pasien rawat jalan di seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia. Jumlah ini setidaknya memberi kita gambaran bahwa penyakit maag merupakan ancaman yang nyata bagi kita semua. Untuk itu, pencarian akan obat altenatif untuk penyakit ini pun terus dilakukan.

Dalam mengobati maag, jambu monyet cukup mudah diolah, yakni buah jambu monyet yang sudah matang dihancurkan, diberi sedikit garam dan air hangat, kemudian diminum. Ramuan ini mesti dikonsumsi setiap pagi, dan niscaya penyakit maag akan berkurang.

Meski belum ada penelitian yang mendukung hal ini, namun masyarakat di pulau Jawa sejak dahulu banyak yang memanfaatkan jambu monyet / jambu mede sebagai obat maag herbal. Hal ini mungkin cukup rasional di mana dalam buah jambu monyet terdapat kandungan astringen untuk memacu aktifitas enzim, sehingga meredakan sakit  yang berhubungan dengan organ pencernaan. Di kemudian hari, diharapkan ada penelitian yang dapat mengklarifikasi hal ini sehingga jambu monyet bisa menimbulkan harapan baru bagi penderita maag akut di dunia sebagai obat herbal yang aman dikonsumsi.

Related Posts

2 Manfaat Utama Jambu Mede atau Jambu Monyet Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh