6 Manfaat Utama Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Jeruk Nipis

Membantu proses pencernaan

Dengan meminum air jeruk nipis hangat di pagi hari, perut dalam Anda akan menjadi lebih rileks dan luwes gerakannya. Jeruk nipis akan membantu meningkatkan gerakan peristaltik perut yang berguna untuk menyerap zat bermanfaat dan mengeluarkan limbah hasil pencernaan.

Menyeimbangkan pH

Banyak makanan yang kita makan cenderung membuat tubuh menjadi lebih asam, dan faktanya lingkungan yang asam merupakan ladang subur bagi penyakit untuk berkembang biak. Di sisi lain, lingkungan alkalis akan membuat penyakit mudah berkembang dan menyebar. Dan ternyata jeruk nipis yang berasa asam ini bila dikonsumsi maka akan mem-basa-kan tubuh Anda. Asam pada jeruk nipis sesungguhnya adalah asam sitrat dan asam askorbat yang mudah sekali dimetabolisme tubuh. Sedangkan zat dari jeruk nipis yang tersisa dari proses metabolisme adalah mineral, yang bermanfaat untuk membantu mencegah perkembangan penyakit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti sepupu mereka jeruk, jeruk nipis mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin antioksidan ini tidak hanya terkenal manfaatnya dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, tetapi juga sebagai anti inflamasi untuk memerangi penyakit yang disebabkan peradangan seperti asma. Di saat musim penghujan dan flu mewabah, jeruk nipis merupakan teman baik bagi Anda. Jeruk nipis mengandung suatu zat yang disebut saponin yang memiliki sifat anti mikroba yang membantu Anda tetap sehat atau terhindar dari penyakit meskipun orang-orang di dekat Anda batuk dan bersin.

Membantu penyerapan zat besi

Rendahnya kadar zat besi di dalam tubuh merupakan masalah umum bagi vegan dan vegetarian yang mana mereka tidak mengonsumsi daging. Dengan mengonsumsi jeruk nipis, tubuh Anda akan lebih mudah menyerap zat besi. Zat besi tidak hanya penting untuk sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu sel-sel darah merah dalam mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika Anda sering merasa lemas atau lelah, maka itu bisi menjadi pertanda Anda kekurangan zat besi, dan salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi jeruk nipis dan tentunya dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Membuat kulit menjadi bersih dan cerah

Sekali lagi, vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis diyakini memainkan peran besar dalam mencerahkan dan membuat kulit Anda tampak bersih. Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen, yang mana hilangnya kolagen akan membuat kulit Anda terlihat tua. Dengan mengonsumsi vitamin C melalui jeruk nipis, artinya Anda sudah membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C juga memerangi radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penuaan.

Jeruk nipis juga membantu mendetoksifikasi tubuh karena efeknya yang membantu pekerjaan hati. Bila hati kurang bekerja optimal, maka racun tidak tersaring dan salah satu akibatnya adalah timbulnya jerawat. Jika Anda  bisa menyingkirkan racun hanya dengan meminum air jeruk nipis setiap hari, mengapa tidak dilakukan?

Mempercepat proses penyembuhan

Juga masih terkait dengan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis yang membuat Anda tetap sehat dan menjaga kulit Anda terlihat cerah dan bersih, Vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C juga sangat penting bagi kesehatan tulang, otot dan jaringan ikat. Ketika organ-organ dan jaringan-jaringan tubuh Anda kuat, maka tubuh Anda memiliki kemampuan penyembuhan yang cepat.

Related Posts

6 Manfaat Utama Jeruk Nipis Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh